Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMAN SUMATERA SELATAN

 

SMAN Sumatera Selatan baru saja melaksanakan Kegiatan Akreditasi Perpustakan. Prosesnya dilakukan dengan cara visitasi daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Ibu Fitriana, S.Sos., M.Si., Dinas Kearsipan Kota Palembang, dan Aseseor yang menilai dari Pihak Perpustakaan Nasional adalah Ibu Dra. Indah Wuryani. Kegiatan visitasi dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 7 Juni 2022, yang berlangsung selama 2 jam, yaitu pukul 08.00-10.00 WIB.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala SMAN Sumatera Selatan yang turut hadir saat proses akreditasi, yaitu Bapak Iswan Djati Kusuma, S.Pd., M.Si. Dalam Sambutannya, Pak Iswan menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada pihak Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan yang telah membimbing dalam persiapan akreditasi dan kepada Direktorat Standarisasi dan Akreditasi yang telah memberikan kesempatan kepada Perpustakaan SMAN Sumsel untuk melaksanakan akreditasi untuk yang pertama kalinya.

Selain Kepala Sekolah dan semua staf Perpustakaan SMAN Sumsel, pihak SMAN Sumatera Selatan dihadiri oleh jajaran Senior Management Team dan beberapa guru dan staf yang membantu proses persiapan akreditasi, tim Humas, dan tim IT SMAN Sumsel yang membantu persiapan dan pelaksanaan teknisnya.

Persiapan akreditasi ini sudah dilakukan oleh para staf perpustakaan SMAN Sumsel dan tim selama beberapa bulan terakhir sejak tahun 2021. Mulai dari melengkapi setiap persyaratan yang ditentukan oleh Asesor, serta melengkapi semua dokumen administrasi perpustakaan sesuai dengan borang. Prosesnya dimulai dengan presentasi Profil Perpustakaan SMAN Sumsel, yang dilakukan oleh Ibu Sucy Wulandary, S.Pd. lalu, dilanjutkan dengan kegiatan verifikasi semua berkas dan persyaratan sesuai borang yang sudah ditentukan. Kemudian, diadakan sesi tanya jawab oleh pihak asesor kepada peserta akreditasi untuk membuktikan borang yang sudah diisi sebelumnya oleh perpustakaan SMAN Sumsel. Setelah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ruang perpustakaan dan pernyataan hasil akreditasi sementara sebagai penutup sesi akreditasi.

Proses akreditasi berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit kendala teknis, di mana saat ingin melakukan presentasi, staf yang ingin melakukan share screen pada Zoom tidak mendapat izin akses oleh Host, sehingga video perpustakaan yang sudah dipersiapkan tidak bisa diputar dan diperlihatkan kepada Asesor.

Pak Iswan juga menyampaikan harapannya atas terlaksananya proses visitasi Akreditasi Perpustakaan SMAN Sumsel, “Kami berharap Ibu Indah selaku asesor dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada perpustakaan SMAN Sumsel apabila nanti ditemukan hal-hal yang harus diperbaiki agar dapat kami jadikan bahan evaluasi menuju perbaikan kualitas perpustakaan kami. Saya juga berharap semoga proses akreditasi berjalan dengan lancar dan tertib, serta tentunya mendapatkan nilai yang memuaskan.” Ujar beliau.

Salah satu staf perpustakaan SMAN Sumsel, Ibu Dewi Krisnawati, S.IP., juga menyampaikan harapannya, “Semoga setelah dilaksanakannya akreditasi ini kelak perpustakaan SMAN Sumsel dapat memperoleh hasil yang memuaskan.”.

 

 

Share